13 July 2012

Superchrist - Defenders of The Filth


Superchrist - Defenders of The Filth (2009)


Darah, perempuan nyaris telanjang, potongan badan dimana-mana, polisi dengan leher yang nyaris putus, kalo sekilas mungkin mirip artwork band brutal death metal. Tapi nanti dulu, jangan langsung pasang asumsi kalo ini band death metal nan sadis dan brutal. Bukan, superchrist sama sekali bukan band death metal. Superchrist cuma sebuah band heavy metal old school yang lahir di tahun yang salah.

Seperti yang gue bilang tadi, Superchrist adalah band old school. Maka dari itu mereka juga bawain musik old school. Tapi musik apa sih yang mereka bawain?mungkin secara umum kita bisa sebut heavy metal. Kalau secara spesifiknya mereka bawain NWOBHM warisan dari band semacam Motorhead, Saxon, dll. Kalau banyak orang bilang Speedwolf itu anaknya Motorhead, mungkin Superchrist bisa dibilang kakak tirinya speedwolf atau anak angkatnya Motorhead. Tempo tinggi, spirit rock n' roll, solo yang meledak-ledak dan riff a la old school heavy metal, udah jadi konsentrat paling dominan di album ini. Buat vokal, dikuping gue sedikit agak dipaksa supaya mirip Lemmy The Almighty walaupun hasilnya ga mengecewakan.

Overall kualitas recording album ini cukup memuaskan, nyaman di kuping. Rasa rock n' roll kental terasa sampai tetes terakhir, energi yang menggebu-gebu siap membludak, vokal "kasar" mengintimidasi dan tempo yang konstan di setiap track, menurut gue udah jadi paket komplit yang mereka tawarin buat jadi salah satu nominasi band yang layak disandingkan sama Motorhead. Memang ga akan bisa disejajarin sama Motorhead, tapi paling ga Superchrist bisa jadi back up, kalau-kalau suatu saat entah kapan kalian bosan dengan Motorhead.


Rating : 8.75

No comments:

Post a Comment